Kamis, 29 September 2016

LOMBOKKU

LOMBOK,PULAU ISTIMEWAKU







 Pulau Lombok sejak jaman Kerajaan Majapahit sudah terkenal. Sistem kebudayaan dan ciri khas yang dimilikinya membuatnya pada saat itu mulai terkenal hingga saat ini. Contohnya adalah dalam bidang budaya yaitu begasingan. Begasingan adalah salah satu permainan dan olahraga,yang merupakan permainan cukup tua di masyarakat sasak. Seni tradisional ini mencerminkan nuansa kemasyarakatan yang tetap berpegang pada petunjuk dan ketentuan yang berlaku di tempat permainan itu. Kemudian ada kebudayaan yang namanya periseian,yaitu kegiatan bela diri yang sudah ada sejak jaman kerajaan di Lombok. Periseian ini menggunakan alat seperti perisai yang disebut Ende yang terbuat dari kuliat kerbau dan sebilah rotan yang dihaluskan,biasa kegiatan ini dilakukan oleh dua orang laki-laki.


 Kemudian makanan khas yang dimiliki Lombok, seperti pelecing kangkung. Sama halnya dengan tumis kangkung,kangkung pada pelecing ini juga harus dimasak/direbus. Namun yang membedakan pelecing kangkung ini dengan daerah lain adalah pada kangkungnya seperti ada tauge,kacang goreng,kelapa parut dan sambalnya. Kemudian ada namanya sate tanjung,sate ini terbuat dari daging ikan yang lebut dan bumbunya yang pedas dan khas.

 Lombok juga memiliki ciri khas yaitu pada rumah adatnya yang di sebut Bale Lumbung. Rumah atau Bale Lumbung ini memiliki atap dari ijuk,kuda-kuda atapnya memakai bambu tanpa paku dan atap rumahnya menggunakan anyaman bambu atau yang disebut Bedek. Ciri khas lainnya yaitu masyarakat suku sasak membersihkan rumahnya khususnya lantai rumah menggunakan kotoran kerbau. Kotoran kerbau tersebut dipercaya lebih efisien dan membuat lantai lebih bersih tanpa debu.

 Selain budaya dan ciri khas lain yang dimiliki,Lombok juga dikenal dengan wisatanya yang luar biasa. Seperti pantainya (Gili Trawangan,Gili Air,Gili Nanggu,Gili Sudak,dll),kemudian wisata air terjunnya (Air terjun Benang Kelambu,Otak koko,Benang Stukel,dll) dan wisata tempat bersejarah seperti Air Awet Muda di Narmada,Bau Nyale di Pantai Kuta dan masih banyak lagi.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar